Powered By Blogger

Minggu, 27 Oktober 2013

Tugas 1 Bahasa Indonesia : Koperasi Sosialis




Konsep Koperasi Sosialis
       Konsep koperasi sosialis adalah koperasi yang direncanakan dan dikendalikan oleh pemerintah, dan dibentuk dengan tujuan merasionalkan produksi untuk menunjang perencanaan nasional

 Aliran Sosialis
 Aliran sosialis ini sebuah aliran yang tidak lepas dari keburukan yang timbulkan oleh kapitalisme karena itu pada abad XIX pertumbuhan koperasi ini didukung oleh kaum sosialis yang berada dinegara - negara barat akan tetapi dalam perkembangannya kurang berhasil dimanfaatkan bagi kepentingan mereka kemudian kaum sosialis berkembang menjadi kaum komunis yang mengupayakan gerakan koperasi sbagai sistem alat komunis itu sendiri.

Koperasi sosialis adalah koperasi yang direncanakan dan dikendalikan oleh pemerintah. Tujuannya yaitu merasionalkan produksi untuk menunjang perencanaan nasional. Menurut konsep ini koperasi merupakan subsistem dari sistem sosialisme untuk mencapai tujuan sistem sosialis komunis. Koperasi merupakan bagian dari suatu tata administrasi yang menyeluruh. Berfungsi sebagai badan yang turut menentukan kebijakan publik, serta badan pengawasan dan pendidikan. Peran penting lain koperasi ialah sebagai wahana untuk mewujudkan kepemilikan kolektif sarana produksi dan untuk mencapai tujuan sosial politik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar